Aplikasi LAN

Salah satu contoh dari aplikasi Jaringan Lokal adalah NetOp School. Net Op School adalah sebuah program yang khusus di ciptakan untuk membantu dalam proses pembelajaran dan pengawasan penggunaan computer oleh siswa.
NetOp School saat ini sudah dalam versi 5.0. terbagi menjadi dua yang pertama adalah NetOp School Teacher, yang di gunakan oleh guru,dan NetOp School Student yang di pasangkan di computer siswa atau student. Dengan software ini guru bisa memonitor seluruh tampilan layar siswa atau melihat program apa saja yang d jalankan oleh siswa dan sebaliknya, guru bisa menampilkan apa yang ada di monitornya supaya terlihat di computer siswa. Guru melalului NetOp Scool teacher bisa berkomunikasi secara tulisan maupun dengan video audio, selain itu guru bisa mengunci computer siswa bila siswa melakukan tindakan yang tidak berkenan. Dengan NetOp School guru juga bisa mematikan/menghidupkan computer siswa secara remote, membuat test/ujian online dengan mudah.

1) Fungsi tools-tools pada NetOp School:
Berikut ini akan dijelaskan pula sedikit mengenai tombol – tombol adalam tampilan teacher beserta fungsinya secara garis besar:

Takspane sebelah kiri dan fungsinya:
1. Details = Memberikan tampilan detail tentang computer students yang aktif maupun tidak.
2. Classroom = Memberikan tampilan icon gambar dari computer students yang aktif maupun tidak.
3. Tumbnails = Memberikan tampilan desktop yang sedang dijalankan oloh computer students.
4. Lesson Plan = Bagian untuk menampilkan gambar, movie, atau audio yang akan membantu students dalam pelajaran.
5. Recording = Menampilkan rekaman kegiatan di desktop yang telah direkam sebelumnya. Untuk membuka rekaman tersebut dapat dengan klik kiri 2 kali pada nama rekaman atau klik kanan lalu pilih Local Playback .
6. Test = Digunakan untuk mengatur kegiatan test atau ulangan yang akan dilakukan seperti soal yang akan diujikan, waktu untuk mengerjakan, dan masih banyak lainnya. Selain mengatur soal ujian juga untuk menampilkan hasil test dan survey hasil test.
7. Activity = Berfungsi untuk menampilkan activitas apa saja yang telah atau baru saja dikerjakan oleh computer students.
8. Class setup = Berfungsi untuk mengatur dan memonitor computer students. (hamper sam dengan details, classroom, dan thumbnails).

– Menjalankan fungi toolbar:
1. Demonstrate Teacher or Students
Berfungsi untuk membuat seluruh tampilan desktop computer student menjadi sama dengan computer teacher, sehingga memudahkan teacher untuk mendemostrasikan atau menjelaskan suatu pelajaran maupun sebuah media video atau audio video.

2. Attention
Berfungsi untuk memberi peringatan atau menuntut perhatian dari computer student dalam bentuk tulisan maupun gambar sehinggan student memperhatikan peringatan tersebut. Peringatan tersebut akan muncul dalam satu layar penuh dan student tidak bisa menjalankan program sebelum dihilangkan oleh teacher, teacher pun dapat mensetting tampilan Attention.
3. Control
Berfungsi untuk mengontrol computer student dari computer teacher. Terdapat dua pilihan dalam toolbar control ini yaitu “Remote control” dan Monitor Student. Remote control berfungsi untuk mengendalikan computer student baik mouse maupun keyboard sedangkan Monitor Student hanya berfungsi untuk mengamati maupun merekam kegiatan computer student namun tidak dapat mengendalikan mouse maupun keyboard computer student.
4. Comunication Forrum
Berfungsi untuk menjalin komunikasi antar computer teacher dengan computer student. Ada tiga pilihan dalaqm Communicayin forum ini yaitu Audio-Video Chat, Chat, Send Message.
• Audio-Video Chat = Teacher dapat berkomunikasi dengan student dengan menggunakan suara dan video (mirip seperti video cofereence).
• Chat = Teacher dapat berkomunikasi dengan student dengan student dapat memberi balasan kepada teacher (mirip seperti chating biasa). Kita juag bias menggunakan fasilitas ini dengan cara klik kana pada nama computer student kemudian pilih “chat with this Student”.
• Send message = Dalam fasilitas ini teacher hanya mampu mengirim pesan kepada student namun student tidak dapat membalas pesan dari teacher.
5. Workgroup
Berfungsi untuk membuat group yang akan menjadi assistan dari guru atau teacher.
6. Run
Berfungsi untuk menjalankan atau run program yang berada pada computer student.
7. Command
Berfungsi untuk memberikan perintah langsung atau paksa kepada computer student seperti Log Off, Restart, Sut down, dan Rejoin (masuk ke kelas)
8. Files
Berfungsi untuk memanajemen file antara computer teacher maupun student baik pengambilan file atau pengiriman file.
9. Policy
Berfungsi untuk memberi kewenangan tertentu kepada computer student.
10. Records
Untuk membuat rekaman atau recording mengenai activitas yang dijalankan student.

– Fungsi Dalam Menu Bar :
File
Dalam menu bar File hanya terdapat perintah exit atau Alt-F4
1. Action
Berisi perintah – perintah yang sama dengan perintah dalam toolbar menu.
2. Tools
Berisi perintah – perintah yang berhubungan dengan menu atau tombol – tombol perintah. Kita juga bisa menambah toolbar melalui options dalam menu bar tools
3. Tumbnail View
Berisi perintah – perintah untuh mengatur tampilan gambar maupun monitor baik teacher maupun student
4. Help
Berisi bantuan menginai penjelasan tentang garis besar cara pemakaian program

2) Kegunaan NetOp School:
a. Memonitor seluruh tampilan layar siswa atau melihat program apa saja yang dijalankan oleh siswa.
b. Guru dapat menampilkan apa saja yang ada di monitornya supaya terlihat di komputer siswa.
c. Komunikasi Interaktif menggunakan Voice dan Video, bisa menggantikan Lab Bahasa Konvensional.
d. Guru dapat mengunci computer siswa bila siswa melakukan hal-hal yang tidak berkenan.
e. Meremote komputer siswa (mematikan ataupun menghidupkan komputer siswa).
f. Mempermudah guru dalam test atau ujian online.

4 thoughts on “Aplikasi LAN

Tinggalkan komentar