Jaringan Lokal

1. Pengertian

Jaringan komputer atau perangkat yang terkait berbagi Common komunikasi nirkabel baris atau link. Biasanya, perangkat yang terhubung berbagi sumber daya dari prosesor tunggal atau server yang mencakup area yang sempit seperti rumah, kantor, atau sekelompok kecil bangunan, seperti sekolah, atau bandara.

2. Daftar Istilah:

LAN                                : Local Area Network

Troubleshooting       : Pemecahan permasalahan yang sering terjadi

Software                       : Piranti lunak, sebuah aplikasi program computer

Topologi jaringan     : Cara menghubungkan antar computer

Server                           : Server adalah komputer yang menjadi sentral dan menyediakan fasilitas bagi komputer-komputer lain

Host                              : Workstation (komputer pengguna)

Protocol                      : Aturan

3. Sejarah

– Tahun 1940 diadakan sebuah penelitian agar dapat memanfaatkan sumber daya yang ada secara bersama-sama.

– Tahun 1950 tercipta super komputer namun karena mahalnya harga perangkat komputer maka ada tuntutan sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal.

– Tahun 1960 terdapat penelitian tentang tata cara untuk memberikan kecepatan tinggi interconections.

– Tahun 1970 di Laboraturium Radiasi Laurence diadakan penelitian lanjut guna memperbaiki dan menyempurnakan penelitian-penelitian sebelumnya.

– Tahun 1974 diadakn lagi penelitian tentang jaringan di Universitas Cambridge. Begitu juga di tempat lain seperti di Xerox PARC ju7ga mengadakan pengembangan Ethernet pada tahun 1973 hingga tahun 1975.

– Tahun 1976, ACRNET mulai dikembangkan oleh Datapoint Corporation.

– Tahun 1977, ARCNET launching (di umumkan paada khalayak umum) dan memiliki instalasi komersial pertama pada bulan Desember 1977 di Chase Manhattan Bak, New York.

4. Topologi Jaringan

a. Penertian

Topologi jaringan adalah bagian yang menjelaskan hubungan antar komputer yang dibangun bedasarkan kegunaan, keterbatasan resource dan keterbatasan biaya.

b. Macamnya:

1. Topologi Bus

Topologi Bus ini merupakan topologi yang pertama digunakan untuk menghubungkan komputer. Masing-masing komputer akan terhubung ke satu kabel panjang dengan beberapa terminal, dan pada akhir kabel harus diakhiri dengan satu terminator.

Topologi ini awalnya menggunakan kabel Coaxial sebagai media pengantar data dan informasi. Saat ini topologi ini dalam membangun jaringan komputer dengan menggunakan kabal serat optik ( fiber optic), akan tetapi digabungkan dengan topologi jaringan yang lain untuk memaksimalkan performanya.

2. Topologi Cincin

Topologi cincin atau ring topologi adalah topologi jaringan dimana setiap komputer yang terhubung membuat lingkaran. Dengan artian setiap komputer yang terhubung kedalam satu jaringan saling terkoneksi ke dua komputer lainnya sehingga membentuk satu jaringan yang sama dengan bentuk cincin.

Adapun kelebihan dari topologi ini adalah kabel yang digunakan bisa lebih dihemat. Tetapi kekurangan dari topologi ini adalah pengembangan jaringan akan menjadi susah karena setiap komputer akan saling terhubung.

3. Topologi Token Ring

Topologi ini hampir sama dengan topologi ring akan tetapi pembuatannya lebih di sempurnakan. Pada token ring kable penghubung di buat menjadi lingkaran terlebih dahulu dan nantinya akan di buatkan terminal-terminal untuk masing-masing komputer dan perangkat lain.

4. Topologi Bintang

Topologi bintang atau yang lebih sering disebut dengan topologi star. Pada topologi ini kita sudah menggunakan bantuan alat lain untuk mengkoneksikan jaringan komputer. Contoh alat yang di pakai disini adalah hub, switch, dll. satu hubungan berfungsi sebagai pusat penghubung komputer-komputer yang saling berhubungan. Keuntungan dari topologi ini sangat banyak sekali diantaranya memudahkan admin dalam mengelola jaringan, memudahkan dalam penambahan komputer atau terminal, kemudahan mendeteksi kerusakan dan kesalahan pada jaringan.Tapi terdapat kelemahannya, jika sentralnya rusak, semua komputer dalam jaringan tidak dapat berfungsi dan bila pengiriman data secara bersamaan waktunya dapat terjadi collision.

5. Topologi Pohon.

Topologi pohon atau di sebut juga topologi hirarki dan bisa juga disebut topologi bertingkat merupakan topologi yang bisa di gunakan pada jaringan di dalam ruangan kantor yang bertingkat. Pada Topologi ini hubungan antar satu komputer dengan komputer lain merupakan percabangan dengan hirarki yang jelas. sentral pusat atau yang berada pada bagian paling atas merupakan sentral yang aktiv sedangkan sentral yang ada di bawahnya adalah sentral yang pasif.

6. Tanpa Dawai (Wireless)

Topologi tanpa-dawai menggunakan penghantar-terima (transceiver) radio pada NIC untuk mencapai Titik Pencapaian (Access Point AP) yang terdapat dalam julat penghantaran isyaratnya. Biasanya jarak perkhidmatan adalah 15 m sehingga 240 meter.

Set Pelayanan Asas (Basic Service Set) merupakan sel perkhidmatan sesuatu AP, manakala Set Pelayanan Panjang (Extended Service Set) menyambungkan sekumpulan AP melalui LAN untuk membentuk suatu LAN secara logical.

5. Tipe Jaringan

1. Jaringan terpusat/client server, yaitu jaringan yang terdiri dari beberapa node                    (workstation) yang terhubung dengan sebuah komputer pusat atau disebut server. Pada jaringan ini sistem kerja workstation tergantung dari komputer pusat. Dan komputer pusat tugasnya melayani permintaan akses dari workstation.

Kelebihan:

a. Lebih mudah pengaturannya bila networknya besar karena administrasinya                                     disentralkan.

b. Memberikan keamanan yang lebih baik.

c. Semua data dapat dibackup pada satu lokasi sentral.

Kekurangan:

a. Membutuhkan software NOS yang mahal

contoh : NT atau server Windows 2000, XP,Novell, UNIX

b. Membutuhkan administrator yang profesional

c. Mempunyai satu titik lemah jika menggunakan satu server, data user menjadi      tak ada jika server mati.

d. Keamanan kurang

2. Jaringan Peer-to-Peer, yaitu jaringan yang terdiri dari beberapa komputer yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya tanpa komputer pusat (server base). Pada masing-masing komputer workstation terdapat media penyimpanan (hard disk) yang berfungsi sebagai server individu.

Kelebihan:

a. Pelaksanaan tidak terlalu mahal

b. Tidak membutuhkan software server NOS ( Network Operating System )

c. Tidak membutuhkan administrator network yang handal

Kekurangan:

a. Tidak cocok untuk network skala besar, administrasi menjadi tidak terkontrol

b. Tiap user harus dilatih untuk menjalankan tugas administrative

c. Membutuhkan hardware yang lebih tinggi dan mahal untuk mesin server

d. Semua mesin yang sharing resource tidak mempengaruhi performa

1 thoughts on “Jaringan Lokal

Tinggalkan komentar